Manfaatkan Buah Tomat Untuk Mencegah Kanker Prostat

Tomat sangat mudah ditemukan di negara beriklim tropis, bisa disebut buah yang bisa dikonsumsi secara langsung bisa juga disebut sayur karena harus dimasak terlebih dahulu atau dijadikan bumbu pelengkap masakan lainnya. Selain sebagai buah dan sayur tomat juga mempunyai kegunaan dalam dunia kesehatan diantaranya mampu mencegah penyakit kanker khususnya kanker prostat.


Penyakit kanker prostat sendiri merupakan kelainan pertumbuhan juga perkembangan sel yang tidak normal pada kelenjar prostat. Kelenjar prostas hanya dimiliki oleh laki-laki beranatomi di dekat kantung kemih tepat di bawahnya di antara saluran kemih. Agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini kita bisa manfaatkan buah tomat untuk mencegah kanker prostat. Tomat memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya kanker prostat karena dia mengandung banyak antioksidan.

Disamping karena mengandung banyak antioksidan buah tomat juga memiliki zat likopen. Zat likopen inilah yang secara studi dan alamiah lampu mencegah terjadinya kanker prostat. Sebenarnya hampir semua jenis kanker mampu diantisipasi oleh likopen namun secara spesifik dari beberapa penelitian ditemukan bahwa kanker prostat yang paling signifikan.

Cara kerja zat likopen dalam mencegah terjadinya kanker prostat adalah dengan menghambat reseptor pada sel yang mengalami kelainan pertumbuhan didalam jaringan DNA, dengan begini pertumbuhan sel yang tidak terkontrol bisa dihentikan.

Untuk memperkuat hipotesa bahwa buah tomat mampu mencegah kanker prostat telah dilakukan beberapa penelitian salah satunya di negara bagian Amerika. Para peneliti menggunakan sampel sebanyak 90 ribu orang laki laki, dianalisis zat yang dikonsumsi lalui makanan selama hampir 10 tahun terakhir. Dan hasil dari pengamatan tersebut adalah sebagian besar responden yang mengkonsumsi makanan mengandung zat likopen tidak mengalami gejala terjadinya kanker prostat.

Zat likopen banyak terkandung di dalam buah dan sayur yang berwarna kemerahan seperti tomat dan wortel juga sayur bayam merah. Dari penelitian ini memberikan kita gambar bahwa cukup efektif jika kita manfaatkan buah tomat untuk mencegah kanker prostat.

Selain mengakibatkan terganggunya fungsi prostat itu sendiri kanker prostat juga berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Secara langsung ketika prostat mengalami pembesaran karena kanker dia menekan saluran kemih membuat urin tidak bisa ke luar dari tubuh menumpuk di kantung kemih sehingga mengalami refluks ke ginjal. Situasi ini membuat ginjal mengalami overload cairan jika terjadi dalam rentan waktu yang cukup lama maka besar kemungkinan ginjal akan mengalami kegagalan fungsi.


Dari studi ini para peneliti juga mengimbau manfaatkan buah tomat untuk mencegah kanker prostat, juga buah lainnya yang memiliki banyak kandungan zat likopen. Disamping itu perilaku hidup sehat juga harus diterapkan salah satunya hindari merokok.