Olahraga Bantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Penyakit dengan kadar gula darah tinggi yang dalam istilah medis disebut dengan diabetes mellitus atau penyakit kencing manis termasuk penyakit kronis yang membutuhkan perawatan secara khusus dan menerus, karena kadar gula tidak bisa diturunkan secara permanen dengan cara instan. Umumnya penderita penyakit diabetes melakukan diet rendah karbohidrat atau menggunakan hormon insulin untuk bantu menurunkan kadar gula dalam darah.


Tingginya kadar gula di dalam darah pada penderita penyakit diabetes atau kencing manis disebabkan karena metabolisme yang tidak normal, dimana seharusnya zat seperti protein, lemak, dan karbohidrat dipecah menjadi kalori yang nantinya akan digunakan sebagai energi oleh sel malah menumpuk dalam tubuh masih dalam bentuk glukosa atau gula.

Selain dengan menerapkan diet rendah karbohidrat juga rendah kalori penderita diabetes juga harus rutin melakukan olahraga. Karena olahraga bantu menurunkan kadar gula darah, lalu bagaimana gula darah bisa diturunkan dengan aktif melakukan olahraga?

Penumpukan kadar gula yang terdapat di di dalam darah penderita penyakit diabetes atau kencing manis bisa diturunkan apabila glukosa atau bola tersebut telah diubah menjadi energi. Ketika kita melakukan aktivitas olahraga maka secara metabolik tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi itu berarti memerlukan banyak kalori, dari sinilah akan di mulai proses katabolisme atau pemecahan gula darah menjadi energi sehingga kadar gula yang beredar di dalam darah bisa diturunkan.

Selain itu peran olahraga bantu menurunkan kadar gula darah juga terjadi karena dengan berolahraga bisa menghindari terjadinya pembentukan lemak atau lipid. Lemak yang terbentuk pada penderita diabetes bukankah lemak pada umumnya yang membuat orang menjadi gemuk tetapi lemak jahat yang beredar di dalam darah. Lemak jahat ini jika jumlahnya melebihi batas normal maka efek samping yang ditimbulkan adalah mengganggu kesehatan pembuluh darah dan jantung sehingga sangat berpotensi menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Disamping itu juga penderita diabetes yang rutin melakukan olahraga juga sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh lebih prima. Proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh akan jauh lebih optimal apabila semua jaringan beraktivitas dan ini bisa terjadi ketika sedang melakukan aktivitas olahraga. Manfaat lain olahraga bagi penderita diabetes selain mampu menurunkan kadar gula dalam darah adalah refreshing. Refreshing tidak harus selalu dengan cara melakukan aktivitas liburan atau belanja ke mall tetapi bisa juga dengan olahraga, karena ketika olahraga otak akan mendapat stimulus dan lebih banyak aliran darah membuat pikiran menjadi lebih fresh.


Olahraga bagi penderita diabetes atau penyakit kencing manis tidaklah olahraga berat seperti angkat besi, tetapi cukup olahraga ringan seperti lari pagi atau di sore hari bisa juga jalan santai. Meskipun kondisi tubuh penderita diabetes cenderung merasa lemas namun olahraga juga sangat perlu karena olahraga bantu menurunkan kadar gula darah.