Beras Khusus Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Penderita penyakit diabetes mellitus yang dalam bahasa sehari hari disebut kencing manis atau kencing gula memiliki aturan diet yang cukup ketat. Mereka harus membatasi konsumsi kalori khususnya makanan yang menghasilkan banyak glukosa atau gula di dalam darah. Salah satu bahan makanan yang menjadi sumber glukosa adalah nasi, dimana nasi terbuat dari bahan baku beras. Untuk itu beras khusus untuk penderita penyakit diabetes telah dibuat untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah yang semakin tinggi


Beras khusus untuk penderita penyakit diabetes mulai banyak beredar di pasaran. karena merupakan beras khusus tentu saja harganya juga special, tidak tanggung tanggung bisa setengah lebih mahal dibandingkan dengan beras biasa. Lalu apa bedanya beras khusus untuk penderita penyakit diabetes dengan beras yang sering kita konsumsi pada umumnya?

Beras khusus untuk penderita penyakit diabetes memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Tingginya serat di dalam beras tersebut akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat. Tentu saja ini akan membuat penderita penyakit diabetes merasa kenyang lebih lama dan menunda waktu makan. Apabila penderita penyakit diabetes mampu membatasi jadwal makan khususnya makanan tinggi kalori makala ini akan sangat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Perbedaan lainnya antara beras biasa dengan beras khusus untuk penderita penyakit diabetes adalah dari segi warna. Beras biasa pada umumnya berwarna lebih putih apalagi jika ditambah dengan zat pewarna Namun pada beras khusus warnanya nampak lebih buram. Perbedaan warnanya cukup mencolok, warna buram pada beras khusus karena masih ada bekatul yang menempel di luarnya, bekatul inilah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Pengobatan dan perawatan penyakit diabetes harus dilakukan secara kontinyu juga membutuhkan biaya relatif mahal. Dengan biaya pengobatan yang cukup tinggi ditambah lagi harus membeli beras khusus tentu ini akan menjadi beban berat bagi keluarga dan penderita diabetes.

Tetapi tidak semua harus dibeli karena beras khusus untuk penderita penyakit diabetes sebenarnya bisa dibuat sendiri. Caranya adalah ketika beras tersebut digiling mintalah pada pemilik selep beras di giling satu kali dengan begitu akan masih ada bekatul yang tersisa di bagian luar biasa. Semakin banyak beras melalui proses penggilingan maka kandungan betakulnya akan semakin berkurang dan nampak lebih putih.


Selain memiliki warna yang lebih buram rasa pada beras khusus untuk penderita penyakit diabetes juga sedikit lebih pekat. Jadi bagi penderita penyakit diabetes yang baru pertama kali mengkonsumsi nasi dari beras khusus sebaiknya membiasakan lidah dengan rasa beras khusus tersebut. Ini diharapkan bisa membantu program diet rendah kalori bagi penderita penyakit diabetes selain mampu mengontrol kadar gula darah juga menghemat biaya perawatan.