Faktor Tak Terduga Penyebab Gangguan Tidur

Istirahat tidur merupakan bagian penting dari kebutuhan paling dasar dari manusia. Tidur bertujuan untuk memulihkan kondisi tubuh baik secara fisik maupun psikologis, kualitas tidur bisa menunjukan kualitas hidup seseorang. Di jaman sekarang ini semakin banyak orang yang mengalami gangguan tidur karena padatnya kesibukan dan tuntutan kerja. Selain karena dua hal tadi ada beberapa faktor tak terduga penyebab gangguan tidur.


Faktor tak terduga ini berpengaruh cukup besar terhadap kualitas tidur namun seringkali diabaikan. Faktor tersebut adalah kesalahan dalam mengatur pola makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi dapat menyebabkan gangguan tidur, hal ini dipicu karena ketika makanan tinggi kalori tersebut diproses oleh tubuh dibutuhkan banyak proses dalam metabolisme.

Gangguan tidur karena kesalahan dalam pengaturan pola makan umumnya terjadi pada malam hari. Situasi ini umum terjadi karena seseorang yang bekerja dari pagi hingga sore tentu akan merasa sangat lelah juga lapar itu membuat mereka mengkonsumsi makanan tinggi kalori dengan harapan mampu memperbaiki kondisi fisik yang sudah lelah. Namun nyatanya hal ini malah menjadi faktor tak terduga penyebab gangguan tidur.

Tips mencegah agar tidak terjadinya gangguan tidur karena kesalahan pola makan adalah menentukan saat yang tepat antara waktu makan dan tidur. Usahakan beri jeda sekitar 1 jam sebelum tidur untuk makan dan hindari mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi seperti daging merah juga makanan berlemak contohnya gorengan.

Selain karena pola makan yang salah faktor tak terduga penyebab gangguan tidur lainnya adalah lampu kamar. Beberapa studi menunjukkan orang yang tidur dengan lampu kamar menyala memiliki kualitas tidur yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang mematikan lampu. Masalah ini terjadi karena secara tidak sadar ternyata gelombang yang dipancarkan oleh sinar lampu ketika kita terlelap masih bisa masuk ke dalam kelopak mata meskipun kita dalam keadaan terpejam.

Anda bisa mencoba sendiri bandingkan antara tidur menyalakan lampu dengan tidur tanpa lampu menyala. Apabila Anda takut tidur tanpa menyalakan lampu solusinya adalah menggunakan penutup mata bisa dari handuk atau sapu tangan. Anda akan merasakan kualitas tidur yang jauh lebih baik.


Faktor tak terduga penyebab gangguan tidur sangat perlu untuk diketahui karena kurang istirahat tidur dapat mengganggu konsentrasi juga mengganggu kesehatan fisik. Pada orang dewasa membutuhkan waktu tidur dalam sehari sekitar 6 sampai 7 jam itu termasuk istirahat siang, jadi pastikan waktu istirahat tidur anda terpenuhi.