Faktor Penyebab Obesitas Karena Kurang Tidur

Harus diakui masyarakat di jaman sekarang ini sangat terbiasa tidur larut malam atau bahkan ada yang begadang hingga subuh. Fenomena ini dibarengi dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang mengalami peningkatan berat badan berlebihan atau yang biasa disebut obesitas. Banyak study menemukan bahwa orang yang waktu istirahat tidur dibawah 7 jam dalam sehari akan memiliki kebiasaan buruk yang bisa menjadi faktor penyebab obesitas.



Berikut beberapa faktor penyebab obesitas karena kurang tidur:

Mengkonsumsi makanan cepat saji
Umumnya orang yang suka begadang memiliki pola makan yang kurang sehat salah satunya adalah terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji. Ini biasanya terjadi karena ketika malam hari seseorang malas memasak atau keluar rumah untuk mencari menu makanan sehat. Jadi solusinya adalah makanan cepat saji, dimana sebagian besar mengandung banyak kalori yang berpotensi menyebabkan obesitas.

Makanan dengan kandungan tinggi kalori menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas. Oleh karena kalori yang menumpuk dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lipid yang selanjutnya akan menjadi lemak, apabila jumlah lemak di dalam tubuh menumpuk maka yang terjadi adalah obesitas.

Terlalu banyak cemilan
Faktor penyebab obesitas karena kurang tidur berikutnya adalah kecenderungan orang yang suka begadang mengkonsumsi banyak cemilan. Cemilan sebagian besar diproduksi dengan bahan baku minyak juga penyedap rasa. Terlalu banyak mengkonsumsi minyak apalagi yang berpotensi menimbulkan terbentuknya kolesterol tentu akan sangat berisiko terjadinya obesitas.

Banyak makan menjelang tidur
Semalaman menghabiskan waktu dengan bergadang akan membuat orang mudah lelah. Ini secara umum membuat mereka merasa lapar dan melahap banyak makanan menjelang tidur. Karena setelah makan  pasti merasa ngantuk dan tubuh dalam keadaan lelah akhirnya yang terjadi adalah tidur. Langsung tidur setelah makan tanpa ada jeda waktu bisa menjadi faktor penyebab terjadinya obesitas.

Karena ketika kita tidur makanan yang baru saja di konsumsi oleh tubuh lebih cepat diserap menjadi kalori untuk selanjutnya dimanfaatkan menjadi energi. Energi yang seharusnya digunakan untuk beraktivitas akan disimpan menjadi lipid atau lemak.


Kurang tidur atau aktivitas begadang tidak hanya bisa mengganggu konsentrasi tapi juga merugikan kesehatan fisik, tubuh menjadi cepat lelah dan sangat berpotensi menyebabkan kegemukan. Inilah faktor penyebab obesitas karena kurang tidur semoga dengan informasi ini kita bisa mengatur jadwal istirahat dan pola makan agar terhindar dari masalah kesehatan.