Makanan Yang Bisa Memperparah Penyakit Maag

Tidak seperti penyakit jantung atau penyakit stroke dimana penderitanya bisa kita ketahui dari gejala yang ditunjukkan oleh si penderita, pada penyakit maag akan lebih sulit karena umumnya mereka masih mampu beraktifitas seperti biasa apalagi orang yang mengalami gangguan penyakit maag yang tidak terlalu parah. Penyakit maag terjadi karena adanya erosi atau luka pada dinding lambung yang umumnya disebabkan oleh asam lambung itu sendiri. Selain asam lambung beberapa jenis makanan juga bisa menjadi faktor risiko terjadinya atau memperparah penyakit maag.


Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memperparah penyakit maag

Makanan berlemak
Makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi selain berpotensi menyebabkan terjadinya kegemukan atau bahkan obesitas dia juga bisa memperparah penyakit maag. Itu karena makanan yang mengandung banyak lemak dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, seperti yang kita tahu asam lambung merupakan faktor pencetus terjadinya penyakit maag.

Lemak yang tidak bisa dicerna dengan baik didalam lambung maupun usus juga bisa menyebabkan terjadinya diare. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan lemak adalah gorengan,  bahkan makanan olahan dari cokelat. Jadi tanpa disadari ternyata terlalu banyak mengkonsumsi cokelat maupun berbagai produk makanan dengan bahan baku cokelat tidak baik untuk kesehatan lambung khususnya bagi penderita penyakit maag.

Zat kafein
Kafein memang terkenal menjadi salah satu zat yang sangat tidak bersahabat dengan kesehatan lambung. Selain mampu meningkatkan kinerja sel saraf juga otot jantung zat kafein juga memicu terjadinya peningkatan sekresi asam lambung. Disamping itu juga kafein bisa memperparah kerusakan yang sudah terjadi pada lapisan dinding lambung yang telah mengalami luka atau erosi.

Kafein banyak terdapat di dalam kopi jadi kopi merupakan salah satu jenis minuman atau makanan yang bisa memperparah penyakit maag. Saat ini sangat banyak produk olahan berbahan baku kopi tidak hanya minuman, jadi bagi penderita penyakit maag atau orang yang memiliki lambung sensitif sebaiknya memperhatikan dengan teliti bahan baku yang terkandung di dalam makanan maupun minuman sebelum dikonsumsi.

Makanan asam
Ini berkaitan langsung dengan asam lambung, makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi secara langsung akan menambah tingkat keasaman di dalam lambung. Beberapa jenis makanan yang tergolong memiliki tingkat keasaman tinggi adalah jeruk nipis, lemon, cabai, juga tomat. Mereka termasuk jenis makanan yang bisa memperparah penyakit maag.

Selain karena faktor makanan penyakit maag juga bisa diperparah karena pola hidup yang kurang sehat seperti sering begadang. Khususnya bagi tipe orang yang suka begadang dengan menahan rasa lapar mungkin karena malas keluar mencari makan atau enggan memasak makanan di rumah. Ini bisa menjadi faktor penyebab atau memperparah penyakit maag oleh karena asam lambung akan semakin menumpuk.


 itulah beberapa jenis makanan yang bisa memperparah penyakit maag semoga membuat kita lebih teliti khususnya bagi penderita penyakit maag dalam memilih makanan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih buruk.