Cara Alami Menghilangkan Noda Bekas Cacar Air

Cara Alami Menghilangkan Noda Bekas Cacar Air – Cacar air adalah satu satu masalah pada kulit yang bisa meninggalkan bekas luka setelah berhasil disembuhkan. Cacar air itu sendiri disebabkan karena adanya infeksi dari virus varicella zoster yang umumnya ditandai dengan munculnya gejala seperti demam (37,8°C – 39,4°C), sakit tenggorokan, nyeri perut, dan sakit kepala.

Cacar air akan menimbulkan lepuhan dan juga ruam kemerahan yang memiliki cairan bening. Saat cairan bening ini pecah, maka akan berubah menjadi luka yang nantinya akan menyisakan noda-noda hitam yang tergolong sangat sulit untuk dihilangkan. Selain itu, noda-noda hitam ini juga akan sangat merusak keindahan kulit Anda.

Nah, khusus bagi Anda yang memiliki masalah dengan bekas cacar air, ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan bekas-bekas tersebut:

Air Kelapa
Siapkan Air kelapa terlebih dahulu, lebih disarankan untuk menggunakan kelapa muda. Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam air kelapa tersebut dan oleskan pada wajah Anda yang memiliki bekas cacar. Lakukan hal ini secara berulang-ulang, dan biarkan air kelapa tersebut meresap ke dalam kulit Anda.

Cendana
Siapkan pasta cendana yang bisa Anda buat sendiri. Kemudian terapkan pada wajah Anda dengan menggunakan bola-bola kapas. Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, maka hanya dalam seminggu noda-noda bekas cacar Anda akan hilang.

Lidah Buaya
Tips menghilangkan noda bekas cacar air selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya dengan membuat memanfaatkan lidah buaya sebagai jus. Haluskan lidah buaya dengan diblender, kemudian oleskan pada bekas cacar Anda. Bisa juga dengan memotong lidah buaya, kemudian ambil bagian gelnya dan oleskanlah pada wajah Anda.

Vitamin E
Khasiat dari Vitamin E sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mengatasi bekas cacar, Anda bisa mengkonsumsi kapsul vitamin E setiap harinya. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan kapsul vitamin E, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Jeruk Nipis
Siapkan jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya. Nah, air perasan inilah yang kemudian dioleskan pada bekas cacar Anda. Hal ini sangat efektif dikarenakan adanya sifat asam pada jeruk nipis yang membuatnya mampu menyembuhkan bekas luka. Selain itu, air jeruk nipis juga memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan memutihkan kulit dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Namun bagi Anda yang pertama kali melakukan hal ini, akan dirasakan sensasi yang perih pada kulit. Hal ini sebagai sebuah pertanda bahwa kandungan di dalam jeruk nipis tersebut sedang bekerja.

Bawang Putih
Siapkan bawang putih secukupnya, lalu iris tipis. Setelah itu, gosokkan bawang putih tersebut pada area yang memiliki bekas cacar. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

Madu
Oleskan madu pada wajah Anda yang memiliki bekas cacar setiap malam sebelum tidur. Pada keesokan harinya, bersihkanlah wajah Anda cukup dengan menggunakan air biasa. Sangat dianjurkan untuk menggunakan madu asli yang biasanya diperoleh dari lebah hutan liar, bukan dari lebah hasil penangkaran.

Minyak Vitamin E
Selain dengan mengkonsumsi vitamin E secara langsung, Anda bisa juga memanfaatkan minyaknya. Oleskan minyak vitamin E pada wajah sembari memberikan pijatan ringan. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan bekas cacar air bisa berjalan lebih cepat.
***

Sekian ulasan mengenai tips dan cara menghilangkan noda bekas cacar air yang tidak ada salahnya untuk dicoba sebelum memutuskan untuk menggunakan krim pemutih wajah.