Tips Membuat Kondisioner Alami

Tips Membuat Kondisioner Alami – Kondisioner merupakan salah satu produk kecantikan yang bisa membantu untuk menjaga keindahan rambut. Dengan rutin menggunakan kondisioner setelah keramas, maka rambut Anda akan menjadi lebih halus, lembut, dan juga terjaga kelembapannya.

Namun sayangnya, ada beberapa orang yang memiliki jenis rambut berbeda, sehingga sangat sulit untuk menemukan kondisioner yang pas. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang memiliki rambut keriting. Nah, daripada Anda terus bergonta-ganti produk kondisioner, mengapa Anda tidak mencoba untuk membuat kondisioner sendiri di rumah?

Pada umumnya, orang yang memiliki rambut keriting akan mengalami masalah pada rambut mereka yang lebih cepat kering dan kaku sehingga akan tampak kusut. Selain itu, rambut seperti ini juga sangat sulit untuk ditata. Namun dengan menjaga kelembapannya, maka rambut yang keriting ini justru bisa dibuat menjadi lebih bergaya lagi.

Salah satu usaha agar bisa menjaga kelembapan rambut keriting adalah dengan menggunakan kondisioner. Maka dari itu, kami akan membagikan tips sederhana dalam membuat kondisioner agar rambut keriting Anda bisa menjadi lebih sehat dan terlihat indah.

Siapkan bahan berupa:

  •  ¼ cangkir sari santan kelapa.
  • 2 sdm madu asli.
  • 1 sdm yogurt.
  • 1 sdm minyak kelapa.
  • 2-3 tetes minyak lavender atau rosemary.
Cara membuat

  • Masukkan semua bahan ke dalam wadah, kemudian blender hingga halus.
  • Gunakan ramuan ini pada rambut Anda, lalu ratakan dengan menggunakan sisir.
  • Biarkan ramuan ini meresap secara sempurna. Agar lebih optimal, gunakanlah tutup kepala sehingga air ramuannya tidak terbuang percuma.
  •  Diamkan sekitar 30 hingga 45 menit agar ramuan ini bisa bekerja dengan efektif.
  • Setelah dirasa cukup, cuci rambut Anda seperti biasa.
  • Pastikan untuk menggunakan ramuan ini sekitar 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jika Anda menerapkannya secara uritn, maka rambut keriting Anda akan terbebas dari masalah kusut dan kering.
Tips membuat kondisioner alami di atas sudah sangat terjamin keampuhannya. Apalagi ramuan tersebut tidak akan merusak rambut Anda seperti yang sering dilakukan oleh produk kondisioner berbahan kimia. Ada beberapa alasan mengapa ramuan di atas bisa membantu untuk melembapkan rambut keriting yang mengalami masalah kusut dan kering:

Santan
Penggunaan sari santan kelapa bertujuan agar pertumbuhan rambut bisa terangsang, memperbaiki kerusakan rambut, dan juga membantu untuk menlonggarkan rambut yang kusut.

Madu
Madu yang asli memiliki kemampuan untuk melembutkan dan menghaluskan setiap helai rambut. Madu juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut, anti bakteri, dan juga meningkatkan kilau rambut.

Yogurt
Kelembapan yang didapatkan setelah menggunakan kondisioner alami ini dikarenakan adanya kandungan yogurt di dalamnya. Selain itu, yogurt juga memiliki kemampuan untuk menguatkan akar rambut, melawan ketombe, dan juga membuat rambut menjadi berkilau.

Minyak Kelapa
Penggunaan minyak kelapa berfungsi untuk melembapkan sekaligus menambah kekuatan rambut. Minyak kelapa juga berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala sehingga bisa melawan masalah ketombe.

Minyak Lavender / Rosemary
Minyak lavender ataupun rosemary merupakan minyak herbal yang memiliki kemampuan untuk menjaga kebersihan rambut dan juga kulit kepala. Dengan demikian, Anda akan memiliki rambut yang lebih sehat dan tidak mudah rontok. Selain itu, minyak herbal ini juga mampu memelihara folikel rambut dan merangsang pertumbuhannya.
***

Itulah sedikit tips membuat kondisioner alami yang sekiranya bisa menjadi alternatif bagi Anda selain dengan menggunakan kondisioner yang dijual dipasaran.