5 Kebiasaan Sehat agar Terhindar dari Sakit Gigi

Sakit gigi disebabkan karena adanya lubang di dalam gigi atau bisa juga disebakan karana gangguan pada akar gigi dan gusi. Pada umumnya sakit gigi lebih sering menyerang orang dewasa daripada anak-anak, karena kerusakan gigi dan infeksi pada gigi selalu bertambah setiap tahun.
Biasanya ada 2 hal yang menyebabkan gigi menjadi sakit, yaitu sering mengkonsumsi makanan berbahan kimia yang menyebabkan gigi menjadi rapuh dan cepat rusak dan yang kedua, jarang menyikat gigi sehingga sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi merusak lapisan gigi yang disebut enamel, akibatnya gigi menjadi mudah berlubang.
Biasanya kue-kue dan gula memiliki peranan yang sangat besar dalam merusak gigi, apalagi jika kue yang kita makan mengandung pemanis buatan yang memiliki kadar gula yang sangat tinggi, sehingga gigi anda menjadi gampang sakit.


5 Kebiasaan Sehat agar Terhindar dari Sakit Gigi

Selalu Menjaga Kebersihan Gigi

Ini merupakan hal yang paling wajib untuk anda lakukan, karena jika anda tidak bisa menjaga kebersihan gigi bisa menyebabkan gigi anda mudah rapuh dan berlubang. Gosoklah gigi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika anda baru saja mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan sebaiknya segera menyikat gigi agar lapisan yang ada pada gigi anda tetap terjaga kebersihannya.

Sering Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika buah dan sayur memiliki segudang manfaat, salah satu manfaatnya adalah untuk menguatkan gigi. Dengan adanya asupan nutrisi dan vitamin kedalam tubuh anda yang berasal dari buah dan sayur  maka gusi anda juga ikut diberi nutrisi sehingga gusi menjadi sehat dan gigi menjadi kuat.

Jauhi Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Sebaiknya anda menjauhi makanan yang mengandung pemanis buatan, karena pemanis buatan memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan gigi anda. Selain itu kebanyakan pemanis buatan mengandung lebih banyak bahan kimia daripada gula yang asli.

Banyak Menkonsumsi Telur dan Susu

Telur dan susu memiliki unsur vitamin yang dapat menguatkan gigi. Dengan banyak mengkonsumsi telur dan susu juga dapat membuat gigi anda tidak mudah rapuh, hal ini disebabkan di dalam susu dan telur memiliki unsur vitamin D yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan gigi.

Hindari Minuman Berakohol dan Rokok

Sudah bukan rahasia umum jika minuman berakohol dan rokok menyebabkan gigi mudah rapuh, hal ini disebabkan pada alkohol mengandung zat yang mampu membuat gigi mudah mengeropos, sedangkan pada rokok mengandung zat nikotin yang bisa menimbulkan plak pada gigi sehingga gigi anda mudah rusak.

Pertolongan Pertama Pada sakit Gigi

Untuk pertolongan pertama , jika gigi anda sudah berlubang segera masukkan sedikit kapas yang telah dibasahi dengan minyak cengkeh kedalam lubang tersebut. Cara lainnya anda bisa meletakan kantong yang berisi air panas pada pipi dekat gigi yang sakit, atau anda bisa juga meletakan kantong yang berisi es batu kemudian tempelkan pada pipi yang dekat dengan gigi yang sakit.
Jika gigi anda sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sebaiknya segera dicabut agar tidak menimbulkan infeksi dan menjalar pada gusi anda. Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting, karena jika gigi sudah merasa sakit bisa jadi anda malas makan.

Demikian artikel “Cara Alami Agar Terhindar dari Sakit Gigi” semoga dapat membantu anda agar terhindar dari sakit gigi. Jagalah kesehatan gigi anda, agar nafsu makan anda tidak terganggu dan senyum anda pun menjadi lebih menarik.