Tips Berhenti Merokok dengan Mudah

Tips Berhenti Merokok dengan MudahRokok merupakan benda kecil yang sangat membahayakan tapi seringkali dihiraukan oleh banyak orang, hal ini dikarenakan mereka sudah kecanduan oleh zat nikotin yang berasal dari rokok. Maka dari itu kita harus waspada, jika anda belum pernah merokok sebaiknya jangan pernah mencoba, karena jika sudah mencoba biasanya akan susah untuk berhenti.

Banyak sekali akibat buruk yang ditimbulkan oleh rokok, seperti mengurangi daya ingat, impotensi, dan menimbulkan penyakit paru-paru. Akibat buruk yang ditimbulkan oleh rokok bukan hanya berdampak pada diri anda tapi juga bsa berdampak orang-orang disekitar anda yang terkena asap rokok yang anda hisap



Maka dari itu, segeralah berhenti merokok demi kesehatan anda dan orang-orang yang anda sayangi. Berhenti merokok memang bisa dibilang tidak mudah tapi juga tidak mustahil. Kali ini saya akan bagikan beberapa tips untuk berhenti merokok.

Tips Berhenti Merokok dengan Mudah

Mengganti rokok dengan Mengunyah Permen

Salah satu cara terbaik untuk berhenti merokok adalah dengan mengisap atau mengunyah permen. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah atau mengisap permen dapat mengalihkan rasa asam anda terhadap rokok. Bahkan drummer grup band “Slank” yang biasa dipanggil Bimbim, berhasil untuk berhenti merokok dengan cara mengunyah permen sebagai gantinya pada saat merasa asam.

Berhenti Merokok dengan Cara Menggurah

Sebenarnya Gurah merupakan cara yang biasa digunakan agar suara lebih merdu, karena dengan mengggurah semua kotaran dan lender dari dalam tubuh dan kerongkongan bisa dikeluarkan semuanya. Cara ini bisa anda gunakan untuk berhenti merokok, karena saya sendiri pernah mencobanya. Menurut saya cara ini mempunyai efek yang sangat cepat, karena setelah anda digurah tidak akan ada lagi rasa asam yang menghantui, bahkan pada saat setelah saya digurah dan saya coba untuk menghisap rokok ternyata tidak ada rasanya sama sekali malah cenderung tidak enak.

Jangan Pernah Membeli Rokok

Jika anda berhenti merokok sebaiknya jangan pernah membeli rokok lagi, karena merokok tidak bisa dihentikan secara bertahap, karena yang namanya nikotin akan terus menimbulkan kecanduan secara terus-menerus, maka dari itu jika anda ingin berhenti merokok jangan pernah membeli rokok lagi walaupun hanya 1 batang.

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih semua racun yang disebabkan oleh rokok akan dibersihkan. Selain itu, dengan minum banyak air putih juga bisa menambah asupan oksigen pada tubuh anda yang sebelumnya mungkin tersumbat oleh asap rokok yang anda hisap.

Alihkan Pikiran Anda

Jika timbul dorongan ingin merokok, sebaiknya segera alihkan perhatian dan pikiran anda kepada hal yang lainnya, misalkan dengan bermain game dan berolahraga, yang penting dorongan untuk merokok yang berasal dari pikiran anda bisa dialihkan.

Makan Buah dan Sayuran

Dengan makan buah dan sayuran maka pada tubuh dan otak anda mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang sangat baik, sehingga dorongan untuk merokok pun semakin berkurang. Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah maka tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih fresh.

Hindari Lingkungan Perokok

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari lingkungan yang penuh dengan perokok, karena jika anda masuk ke dalam lingkungan yang penuh dengan perokok maka dorongan atau keinginan untuk merokok bisa muncul kembali. Segera jauhi lingkungan yang penuh dengan perokok sehingga anda tidak terpengaruh untuk ikut merokok. 


Untuk berhenti merokok diperlukan kemauan dan niat yang kuat bukan hanya sekedar mau saja. Semoga artikel “tips berhenti merokok dengan mudah” dapat bermanfaat untuk anda. Ingat, merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan penghasilan….hehe.